Connect with us

Industri

Gara-gara Corona, PHK Hantui Buruh Tekstil

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA – Bayang-bayang pemutusan hubungan kerja (PHK) menghantui buruh tekstil. Hal ini akibat dari masifnya penyebaran wabah virus corona yang menjalar hingga sendi-sendi perekonomian.

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Jemmy Kartiwa menjelaskan, semenjak virus corona mewabah di Indonesia, penjualan produk tekstil mengalami penurunan yang signifikan. Ditambah lagi dengan adanya seruan social disanticing dari pemerintah.

“Permintaan anjlok sangat tajam. Sejumlah komitmen permintaan yang sedang berjalan ditunda bahkan dibatalkan,” ujarnya dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, (23/3/2020).

Menurutnya, kondisi ini akan memberi dampak terhadap utilisasi industri. Lalu secara stimulan hal itu akan turut berdampak pada produktivitas dan siklus ekonomi industri TPT dalam negeri. Akibatnya, bukan tidak mungkin terjadi PHK massal.

“PHK merupakan keputusan yang dilematis. Kami menghindari PHK. Sampai hari ini industri masih jalan full . Tapi (PHK menjadi) antisipasi, kalau status emergency meningkat,” katanya.

Oleh karena itu, ia meminta intervensi dari pemerintah agar industri tekstil bisa tetap bertahan di tengah badai virus corona. Menurutnya, intervensi pemerintah bisa diberikan di beberapa sektor.

Pertama adalah di sektor energi, ia meminta agar penurunan harga gas industri menjadi US$ 6 per MMBTU dipercepat. Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah bisa menerapkan kebijakan penundaan pembayaran tarif PLN bagi industri tekstil untuk 6 bulan ke depan dengan cicilan berupa giro mundur 12 bulan.

“Serta pemberian diskon tarif beban untuk pukul 22.00 sampai 04.00,” pintanya.

Kedua di sektor industri, ia meminta perlindungan tarif berupa pengamanan perdagangan atau safeguard, untuk produk pakaian jadi. Hal itu sebagai upaya lanjutan harmonisasi tarif, dari hulu ke hilir yang diperuntukan bagi produsen hilir Tekstil dan Produk Tekstil serta Industri Kecil Menengah (IKM).

Baca Juga:  Modalku Sediakan Pinjaman Hingga Rp250 Juta Melalui Aplikasi Shopee

Masih di sektor industri, ia juga meminta adanya pengetatan verifikasi dalam pemberian persetujuan impor TPT. Hal Itu agar izin yang diberikan benar-benar hanya untuk bahan baku industri.

Ketiga, di sektor lingkungan hidup. Ia meminta pemerintah untuk segera mencabut aturan bottom ace dan limbah B3. Terlebih, di negara lain, hal itu tidak dikategorikan sebagai limbah berbahaya. Bahkan, limbah itu banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku batako dan lapisan jalan.

“Segera merevisi peraturan pengetatan baku mutu limbah cair dengan pertimbangan benchmark perbandingan yang diperlakukan oleh negara lain termasuk negara maju sekalipun tidak seketat yang berlaku di Indonesia. Hal ini menjadi beban tambahan untuk daya saing produsen dalam negeri,” pungkasnya.

Industri

Daftar Mal yang Tutup di Jakarta Gara-gara Corona

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA – Sejumlah pusat perbelanjaan (mal) di Jakarta ditutup sementara. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Langkah ini juga sebagai respons terhadap Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 155/SE/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Operasional Industri Pariwisata Dalam Upaya Kewaspadaan Terhadap Penularan Covid-19.

Sejumlah mal ada yang sudah tutup sejak Senin (23/3/2020), dan ada pula yang baru tutup pada, Rabu (25/3/2020). Di sisi lain ada juga mal yang mengubah jadwal operasi. Berikut daftar mal yang tutup dan mengubah jam operasi gara-gara corona:

1. Lippo Mall Puri


2. Senayan City

3. Central Park

Baca Juga:  Tambang Sitaan Dari Tersangka Jiwasraya Dikelola BUMN

4. Plaza Indonesia

5. Plaza Senayan


6. Grand Indonesia

7. Kota Kasablanka

Baca Juga:  Alhamdulillah! 3 Pasien Corona Berhasil Sembuh

8. FX Sudirman

9. Aeon Mall Jakarta

Continue Reading

BUMN

Ahok: Tak Perlu ke SPBU, Beli BBM Bisa Diantar ke Rumah

Published

on

SPBU Pertamina

KORPORAT.COM, JAKARTA – Bagi masyarakat yang memerlukan Bahan Bakar Minyak (BBM), namun enggan keluar rumah karena takut virus corona, tak perlu khawatir. Sebab, PT Pertamina (Persero) melayani pesan antar beli BBM.

Namun, layanan antar beli BBM ini hanya berlaku untuk BBM jenis Pertamax Turbo, dan Pertamax Dex. Selain BBM, layanan pesan antar juga berlaku untuk produk oli fastron dan pembelian Bright Gas 5 Kilogram.

Layanan ini, disediakan Pertamina untuk 24 jam. Namun, pengirimannya hanya dilakukan pada pukul 08.00-20.00. Bagi masyarakat yang memesan sebelum pukul 17.00, maka akan dikirim di hari yang sama. Sedangkan masyarakat yang memesan di atas pukul 17.00, maka pesanannya akan dikirim di esok hari.

Masyarakat yang berminat untuk menikmati layanan ini, bisa menelpon call center Pertamina di 135.

Berikut daftar daerah yang sudah dapat menikmati layanan PDS :

1. Kota Jakarta Utara : Semua kecamatan

2. Kota Jakarta Pusat : Semua kecamatan

3. Kota Jakarta Timur : Semua kecamatan

4. Kota Jakarta Selatan : Semua kecamatan

5. Kota Jakarta Barat : Semua kecamatan

6. Kota Bogor : Semua kecamatan

7. Kab Bogor : Bojong Gede, Cibinong, Cileungsi, Citeureup, Gunung Putri, Parung, Sukaraja

8. Kota Depok : Semua kecamatan

9. Kota Tangerang : Batuceper, Benda, Cibodas, Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung, Karawaci, Pinang, Tangerang

10. Kota Tangerang Selatan : Semua kecamatan

11. Kab Tangerang : Curug, Kelapa Dua, Pagedangan

12. Kota Bekasi : Semua kecamatan

Baca Juga:  IHSG Rontok, Kesempatan Milenial Borong Saham

13. Kab Bekasi : Cibitung, Cikarang Selatan

14. Kota Bandung : Batununggal, Coblong, Sukajadi

15. Kab Bandung Barat : Padalarang

16. Kota Tasikmalaya : Cipedes, Indihiang

17. Kota Sukabumi : Semua kecamatan

18. Kota Semarang : Candisari, Gajahmungkur, Semarang Barat, Semarang Tengah

19. Kota Yogyakarta : Danurejan, Gedongtengen, Gondokusuman, Jetis

20. Kabupaten Sleman : Depok, Kalasan, Mlati, Ngemplak

21. Kota Surabaya : Benowo, Bubutan, Bulak, Dukuh Pakis, Gayungan, Genteng, Gubeng, Gunung Anyar, Jambangan, Karangpilang, Lakarsantri, Mulyorejo, Rungkut, Sukolilo, Tegalsari, Tenggilis Mejoyo, Wonocolo, Wonokromo

22. Kabupaten Sidoarjo : Buduran, Gedangan

23. Kota Malang : Semua kecamatan

24. Kota Denpasar : Semua kecamatan

Continue Reading

BUMN

Pegawai Pertamina Positif Corona

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA – Pegawai PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) anak usaha PT Pertamina (Persero) telah dinyatakan positif terinfeksi positif virus corona. Pegawai tersebut merupakan pekerja di fungsi pendukung (back office) yang tidak berhubungan langsung dengan pelanggan dalam kegiatan kesehariannya. .

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, pegawai tersebut telah mendapatkan penanganan medis yakni diisolasi di salah satu RS yang ada di Balikpapan.

“Segenap manajemen dan karyawan Pertamina berdoa semoga pekerja tersebut dan juga seluruh masyarakat Indonesia yang terinfeksi COVID-19 dapat segera pulih,” ucapnya melalui siaran pers di Jakarta, Senin, (23/3/2020).

Menurut Fajriyah, Pertamina akan terus memantau kondisi pegawai tersebut sesuai prosedur. Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, perseroan juga melakukan penelusuran atau tracing. Penelusuran dilakukan terhadap aktivitas pegawai tersebut.

“Sejumlah orang yang pernah berinteraksi dengan pekerja tersebut pun sudah diwajibkan karantina mandiri,” imbuhnya.

Fajriyah menambahkan, sejak virus virus corona merebak, Pertamina telah aktif melakukan beragam upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus ini terutama di lingkungan kantor. Mulai dari pemeriksaan suhu badan seluruh orang yang datang, dan menyediakan masker dan hand sanitizer di titik-titik area publik.

“Selain itu juga menyemprotkan disinfektkan di sejumlah ruang kerja, area publik, fasilitas operasional dan SPBU termasuk memberikan proteksi tambahan berupa masker dan sarung tangan untuk operator SPBU dan awak mobil tanki,” pungkasnya.

Baca Juga:  IHSG Rontok, Kesempatan Milenial Borong Saham
Continue Reading

POPULAR