Fakta Nyata jika Perdagangan Saham Hanya 4 Hari

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
13 Februari 2024 00:42 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Issa Almawadi)

KORPORAT.COM, Jakarta - Ada fakta unik yang terjadi dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Satu diantaranya, ialah jumlah hari atau durasi perdagangan saham di Indonesia.

Tahun 2024 ini durasi perdagangan saham diketahui hanya mencapai 239 hari. Jika dirata-rata maka dalam sepekan jumlah durasi perdagangan saham hanya 4 hari.

Dengan semakin sedikit hari perdagangan, diyakini akan berdampak pada penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Hal ini senada dengan pernyataan Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy, Senin (12/2/2024).

Bentoel Hengkang dan Aktivitas Pencatatan Bursa Efek dalam 3 Pekan

Menurut Irvan, saat perdagangan saham Indonesia libur sementara bursa lain buka, maka saat ada penurunan indeks saham di negara lain, IHSG bisa turun lebih dalam saat perdagangan kembali dibuka.

Irvan menjelaskan, hal tersebut terjadi karena ada waktu penyesuaian perkembangan informasi dan perdagangan di negara besar terhadap Indonesia. "Itu jika negara lain punya lima hari perdagangan, sementara Indonesia empat hari perdagangan," kata Irvan.

Dari Potensi US$190 Miliar, Transaksi Bursa Karbon Baru Capai US$1,85 Juta

Pernyataan Irvan mengacu pada usul Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengenai penerapan sistem kerja empat hari. "Namun untuk dampak keseluruhannya harus dilakukan pengkajian lebih dahulu," ucap Irvan.

Sebagai informasi, perdagangan paling sedikit terjadi pada April yakni 16 hari.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//