Prediksi IHSG Hari Ini Setelah Naik 3,3 Persen dalam 3 Hari Pekan Lalu

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
20 Mei 2024 10:04 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com)

KORPORAT.COM, Jakarta - Setelah naik secara beruntun dalam tiga hari di pekan lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan penguatannya. Pada perdagangan hari ini (Senin, 20/5/2024), IHSG akan menguji level resistance 7.384.

Salah satu alasan prediksi yang disampaikan Reseacrh Team Mirae Asset Sekuritas itu adalah penguatan harga komoditas. Selain itu, investor asing yang Kembali net buy juga menjadi salah satu pendorong penguatan IHSG.

Riset itu juga menjelaskan, IHSG pada pekan lalu menguat 3,3% dalam tiga hari beruntun menjadi 7.317,24. Saat tu, semua indeks sektoral mengalami penguatan dengan sektor barang baku dan sektor properti menguat paling tinggi, masing-masing ke level 2,69% dan 1,73%.

Performa IHSG Terburuk Kedua di ASEAN

Sementara, investor asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp526,6 miliar dengan net buy terbesar di saham ASII, BBNI dan TPIA.

Menurut riset Mirae, IHSG menguat setelah inflasi konsumen AS pada April 2024 tercatat 3,4% sesuai prediksi pasar, lebih rendah dari Maret 2024 yang 3,5%. "Data ekonomi AS ini, termasuk penjualan ritel yang tetap datar, memberi sinyal potensi pemangkasan suku bunga oleh The Fed," tulis riset Mirae.

Sebagai informasi, pasar saham Amerika Serikat ditutup beragam pada Jumat (17/5/2024). Indeks Dow Jones naik 0,34%, S&P 500 meningkat 0,12% dan Nasdaq melemah tipis 0.07%.

Perdagangan Saham Pekan Ini Hanya 3 Hari, IHSG Menguji Level 7.050

Beragamnya indeks AS seiring investor yang menghitung ulang ekspektasi penurunan suku bunga The Fed, menyusul data yang menunjukkan perlambatan inflasi, serta hasil pendapatan perusahaan yang kuat.

"Investor bertaruh pada penurunan suku bunga sebesar dua kali dari the Fed tahun ini, dan memperkirakan peluang 70% penurunan suku bunga pertama pada bulan September," tutur tim riset Mirae.

Sebagai tambahan, tim riset Mirae juga memprediksi support IHSG hari ini ada di level 7.200.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//