Tembus Rp3.000 T, Empat Saham Bank Dominasi Kapitalisasi Pasar Bursa

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
16 Februari 2024 09:43 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com)

KORPORAT.COM, Jakarta - Tiga saham bank BUMN kompak merangsek naik dalam deretan saham-saham dengan kapitalisasi pasar terbesar (big caps). Mereka adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI).

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (15/2/2024), saham BBRI punya kapitalisasi pasar Rp919 triliun. Angka itu naik 6,99% dari posisi akhir 2023 Rp858,9 triliun.

Di sini, saham BBRI langsung menduduki posisi dua teratas di bawah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Berkat Laba Jumbo, Sepasang Bank BUMN Kompak Pecahkan Rekor Saham

Sementara itu, saham BMRI punya kapitalisasi pasar Rp665 triliun, melesat 18,96% dari Rp559 triliun pada 2023. Seperti BBRI, peringkat saham BMRI juga naik dari sebelumnya posisi lima menjadi posisi empat.

BBNI pun tak mau kalah. Nilai kapitalisasi pasarnya yang pada akhir 2023 Rp198,5 triliun juga naik 11,84% menjadi Rp222 triliun.

Meski Rebound, Harga Saham ANTM Masih Dalam Tren Penurunan

Posisi BBNI berada di peringkat sembilan saham dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Dengan peningkatan itu, tiga saham bank BUMN ikut mendominasi kapitalisasi pasar bursa bersama BBCA. Bank milik Grup Djarum itu punya nilai kapitalisasi pasar Rp1.202 triliun.

Artinya, gabungan kapitalisasi pasar empat bank tersebut mencapai Rp3.008 triliun atau setara dengan 26,12% dari nilai kapitaliasi pasar bursa Rp11.516 triliun.

Investment Consultant PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Reza Priyambada menyampaikan, ketika market mulai rebound, maka saham-saham big caps bisa menjadi pilihan para investor. Selain empat bank di atas, Reza juga merekomendasikan saham PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN).

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//