Tiga Perusahaan Incar Dana Rp4,5 Triliun dari Obligasi dan Sukuk

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
02 April 2024 11:28 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Bank Indonesia)

KORPORAT.COM, Jakarta - Emisi obligasi dan sukuk di Bursa Efek Indonesia (BEI), berpotensi terus bertambah. Pasalnya, saat ini sudah ada tiga perusahaan yang berencana menerbitkan obligasi dan sukuk dengan total nilai Rp4,5 triliun.

Mengutip Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perusahaan itu di antaranya, PT Astra Sedaya Finance dengan nilai Rp2,5 triliun. Obligasi Astra Finance ini merupakan bagian dari obligasi berkelanjutan VI dengan target dana Rp12 triliun.

Sebelumnya, Astra Finance telah merilis obligasi senilai Rp3,5 triliun dalam dua tahap. Artinya, perseroan masih bisa menerbitkan obligasi hingga Rp6 triliun lagi.

Dalam rencana terbarunya Astra Finance menawarkan bunga mulai dari 6,4%-6,65% dengan masa penawaran mulai 17-18 April 2024 dan pencatatan di BEI pada 24 April 2024.

Bukalapak Rugi Rp1,4 T: Faktor Marketplace dan Investasi Saham hingga Obligasi Pemerintah

Selain itu, ada juga PT Sinar Mas Multiartha Tbk yang akan merilis obligasi Rp1,5 triliun untuk mengejar target dana Rp5 triliun dalam tajuk obligasi berkelanjutan III. Melalui aksi ini, perseroan menawarkan bunga tetap 10% dengan masa penawaran umum pada hari ini (Selasa, 2/4/2024) dan pencatatan di BEI pada 16 April 2024.

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk juga berencana menerbitkan obligasi dan sukuk. Total nilainya Rp500 miliar.

Secara rinci, obligasi Dian Swastatika merupakan bagian dari obligasi berkelanjutan I dengan target dana Rp4,2 triliun. Pada tahap pertama ini, perseroan menawarkan obligasi Rp350 miliar dengan bunga mulai 8,25% hingga 8,75%.

Sementara untuk sukuknya bernilai Rp150 miliar dan merupakan bagian dari sukuk mudharabah berkelanjutan I dengan target dana Rp2,8 triliun. Pada tahap pertama sukuk ini menawarkan bagi hasil floating dengan dua seri.

BRI dan PNM Tambah Emisi Obligasi dan Sukuk di BEI jadi Rp20,9 Triliun

Sebagai informasi, sepanjang tahun ini hingga Senin (1/4/2024), total emisi obligasi dan sukuk yang tercatat di BEI sudah mencapai 25 emisi dari 19 emiten dengan nilai Rp27,03 triliun.

Mengutip keterangan BEI, emisi obligasi dan sukuk terakhir yang tercatat adalah obligasi PT OKI Pulp & Paper Mills. OKI Pulp menerbitan obligasi berkelanjutan I tahap III Rp1,5 triliun.

Kemudian, obligasi US$ berkelanjutan I tahap III US$5,1 juta. Serta, obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan I tahap III Rp114,3 miliar.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//