Connect with us

Dunia

Contek Vietnam Atasi Corona, Pemerintah RI Beri Pendekatan Perang!

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA– Vietnam salah satu negara yang terbilang cukup mampu dan berhasil menghadapi wabah virus Corona (Covid-19). Dalam 2 minggu terakhir, tidak ada didapatkan kasus baru yang menjangkit warga.

Adapun rahasia pamungkas keberhasilan itu tidak lain karena pemerintah mampu meraih dukungan dan kepercayaan rakyat bahwa situasi dalam keadaan perang.

Apa yang dilakukan Vietnam tersebut menjadi catatan khusus bagi pemerintah Indonesia ditengah menghadapi wabah Corona.

“Vietnam memang sejak awal membawa mindset masyarakatnya bahwa ini perang,” kata Juru Bicara Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto pada acara Talk Show melalui YouTube tvOne, Senin (23/3/2020).

Dengan mindset bahwa sutiasi negara dalam keadaan perang yang ditanamkan dalam kepala rakyat, hal itu berbuah solidaritas dan bahu membahu sesama masyarakat dalam menghadapi Corona.

“Perang, berarti semua harus bergerak,” ujar Yuri.

Ketika ada warga yang positif terjangkit corona, maka para tetangga pun turut mengawasi.

“Semua bergerak, semua care. Sehingga pada waktu dilakukan self-isolation di Vietnam, maka bukan hanya orang sakit atau pasiennya yang sendirian, tetangganya pun mengawasi semua,” pungkasnya.

Baca Juga:  BI-Kemenaker Perkuat SPPUR

Dunia

Trump Meradang, Korban Corona Amerika Serikat Meledak Lampaui China

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA-Terjadi ledakan jumlah penderita Virus Corona (Covid-19) di Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data terbaru yang disiarkan CSSE Johns Hopkins University, Kamis (26/3/2020) total penderita Corona di Amerika Serikat sudah mencapai 82.404 orang.

Jumlah itu diketahui melampaui angka korban Corona di China 81.782 orang yang notabene China merupakan titik pertama dimana virus itu ditemukan.

Menyikapi hal itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyangsikan jumlah data yang terinfeksi di China, dia menduga jumlah korban sebenarnya di China jauh lebih besar.

“Anda tidak mengetahui jumlah kasus di China,” katanya dilansir dari AFP, Jumat (27/3/2020).

Namun begitu, Turmp mengatakan ia akan menghubungi Presiden China, Xi Jinping Kamis untuk berbicara mengenai Corona.

Sebagaimana diketahui, dua negara tersebut tidak hanya bertikai pada perang dagang, namun juga berlanjut pada perselisihan masalah Coron.

Trump berulangkali menyebut wabah itu ‘Virus China’ karena pertama kali terjangkit di Wuhan, China.

Sementara Pernyataan itu membuat pemerintah China marah, hingga kedua negara itu saling menuduh. Trump merespon kembali setelah seorang pejabat Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa virus itu dibawa oleh tentara AS ke China.

“Tidak, itu datang dari China. Jika mereka sangat yakin dengan pernyataan (Virus dibawa oleh tentara AS) itu, kita akan lihat” pungkas Trump.

Baca Juga:  Ikat Kaki Pelanggan Dengan Yang Manis
Continue Reading

Dunia

Pemerintah: Pelemahan Ekonomi Dunia Telah Dimulai

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA – Pemerintah menyatakan dunia sedang menghadapi gejolak perang ekonomi yang didalamnya terdapat salah satu sumbu pemicu yakni wabah virus Corona (Covid-19).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, isu itu telah menjadi bahasan pokok Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara G-20 melalui virtual komunikasi pada Kamis (26/2/2020).

“Tadi dalam pernyataannya, Presiden kembali tekankan pentingnya kerja sama dan sinergi, dan Presiden sampaikan pesan kuat bahwa kita harus menangkan dua peperangan sekaligus. Melawan Covid-19 dan melawan pelemahan ekonomi dunia saat ini,” ujar Retno melalui sambungan konferensi video di Istana Bogor, Kamis (26/3/2020).

Ia menambahkan, dalam KTT G-20 tadi, para pemimpin negara lain juga sepakat agar keselamatan umat manusia harus dinomorsatukan.

Karenanya, para negara anggota G-20 beserta seluruh negara lainnya sepakat untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang untuk mengatasi wabah Covid-19.

Seluruh negara juga berkomitmen untuk saling menguatkan dalam menjaga stabilitas ekonomi global.

“Dari pertemuan ini tadi akan dikeluarkan leaders statement yang akan dibagi dalam empat hal. Yakni upaya mengurangi pandemi, saveguard ekonomi global, address disrupsi perdagangan, dan perkuat kemitraan global,” pungkas Retno.

Baca Juga:  Baru Pulang Dari Turki dan Azerbaijan, Walikota Bogor Positif Corona
Continue Reading

Dunia

Dihantam Corona, India Lockdown Total

Published

on

KORPORAT.COM, JAKARTA– Pemerintah India mengambil keputusan lockdown total negaranya seiring dengan meluasnya wabah Corona (Covid-19) di negara itu.

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan kepada publik, bahwa satu-satunya cara menyelamatkan mereka dari virus corona adalah dengan tetap tinggal di rumah.

“Akan ada larangan total untuk keluar dari rumah Anda,” kata Modi dalam pidato yang disiarkan televisi, Selasa (24/03).

Meskipun dia meminta masyarakat untuk tidak panik, tetapi orang berbondong-bondong menyerbu toko-toko di ibu kota, Delhi, dan kota-kota lain, sebelum peraturan berlaku.

Untuk sementara ini, tercatat ada 519 kasus yang dikonfirmasi di seluruh India dan 10 kematian.

Baca Juga:  5 Hal Penting Memulai Usaha Angkringan
Continue Reading

POPULAR