Shanghai Jadi Rumah bagi 998 Kantor Pusat Perusahaan Multinasional

Oleh Aria Indra Darmawan - korporat.com
21 Oktober 2024 18:07 WIB
Kota Shanghai merupakan pusat keuangan di Tiongkok. (Foto : Freepik)

KORPORAT.COM, Jakarta - Shanghai merupakan pusat keuangan Tiongkok yang populer untuk investasi. Kini, kota ini menampung 998 kantor pusat perusahaan multinasional.

Dikutip dari China.org, Senin (21/10/2024), menurut Asosiasi Investasi Asing Shanghai, kota ini punya lebih dari 75 ribu perusahaan dengan dengan total modal senilai US$350 miliar (Rp5.426 triliun). 

Airbus Akan Pecat 2.500 Karyawan dari Divisi Jet Tempur dan Antariksa

Ada 258 perusahaan berhasil masuk dalam peringkat 100 besar Shanghai di empat kategori utama pada tahun 2023, yaitu pendapatan operasional, total impor dan ekspor, kontribusi pajak, serta penciptaan lapangan kerja.

Berdasarkan negara asal investor, perusahaan dari Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dengan total 83 perusahaan, diikuti oleh Jepang dengan 32 perusahaan, dan Jerman dengan 28 perusahaan. Tesla Shanghai Co., Ltd. menjadi satu-satunya perusahaan yang masuk dalam 10 besar di keempat kategori tersebut.

"Pemerintah kota Shanghai sangat mendukung perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di sini," kata Wakil Sekretaris Jenderal Pemerintah Kota Shanghai, Liu Ping. 

Boeing Cari Pinjaman Baru Rp155 Triliun untuk Bayar Utang

Data resmi menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan dengan investasi asing berkontribusi besar terhadap ekonomi kota ini, mencakup 60 persen dari total impor dan ekspor, 40 persen dari output industri, sepertiga dari pendapatan pajak, seperempat dari PDB, dan seperlima dari lapangan pekerjaan.

"Mereka adalah mesin utama yang mendorong inovasi teknologi dan peningkatan industri." kata Liu Ping,

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//