Dapat Dana Kompensasi Rp132,44 T, Pertamina Optimistis Rasio Keuangan Membaik

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
04 Januari 2024 10:34 WIB
Dirut Pertamina, Nicke Widyawati. (Dokumen Pertamina)

KORPORAT.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akhirnya menerima dana kompensasi bahan bakar minyak atau BBM untuk periode 2021-2023. Total nilainya Rp132,44 triliun (termasuk PPN) atau Rp119,31 triliun (tidak termasuk PPN).

Secara rinci, dana tersebut terdiri dari dana kompensasi kuartal III-2023 Rp82,73 triliun. Kemudian 2022 Rp49,14 triliun dan 2021 Rp569 miliar.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyampaikan, dana tersebut merupakan kompensasi selisih harga jual formula dan harga jual eceran di SPBU atas kegiatan penyaluran Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite yang nilainya telah direview oleh Inspektorat Kementerian Keuangan RI (Itjen Kemenkeu).

Terealisasi Rp164,3 T, Subsidi Energi Diklaim Perbaiki Keuangan Pertamina dan PLN

"Dana kompensasi sudah masuk kas perseroan dan ini merupakan wujud dukungan penuh Pemerintah kepada Pertamina untuk menjaga keberlangsungan layanan operasional BBM bersubsidi, mendukung working capital serta memperbaiki rasio- rasio keuangan perusahaan," ujar Nicke dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1/2024).

Pertamina, lanjut Nicke, akan terus berupaya mengoptimalkan BBM bersubsidi agar dikonsumsi oleh yang berhak. Upaya-upaya tersebut antara lain penggunaan teknologi informasi untuk memantau pembelian BBM Bersubsidi di SPBU-SPBU secara real time untuk memastikan konsumen yang membeli adalah masyarakat yang berhak.

Cara Pertamina Dukung Pencapaian Target SDGs

Di samping itu, Pertamina juga terus melakukan efisiensi biaya operasional, baik di tingkat Holding maupun Subholding. Sampai dengan November 2023, realisasi program efisiensi biaya di Pertamina Group telah mencapai US$984,17 juta atau sekitar Rp14,99 triliun.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//