Jokowi Minta OJK Dorong Kredit UMKM serta Literasi dan Inklusi Keuangan

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
20 Februari 2024 16:10 WIB
Presiden Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Jakarta, Selasa (20/2/2024). (Tangkapan layar Youtube @OtoritasJasaKeuangan)

KORPORAT.COM, Jakarta - Meski berhasil meningkatkan resiliensi industri jasa keuangan, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mendapat catatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terutama dalam mendorong penyaluran pembiayaan UMKM serta meningkatkan inklusi dan literasi.

Pernyataan Jokowi disampaikan saat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK), Selasa (20/2/2024). Dalam catatan Jokowi, penyaluran pembiayaan UMKM baru mencapai 19% dari total kredit perbankan.

"Maka perlu sebuah terobosan, strategi agar ada peningkatan, sehingga bisa melihat UMKM kita tumbuh dengan baik," kata Jokowi.

Kredit UMKM Masih Rendah, Jokowi Minta Regulasi Dipermudah

Selain itu, Jokowi menyebut OJK harus terus meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan. Pasalnya, hingga 2023, literasi keuangan baru mencapai 65% sementara inklusi berada di level 75%.

Catatan dari Jokowi itu tidak lepas dari pertumbuhan industri jasa keuangan 2023, khususnya sektor perbankan. Jokowi mengungkapkan, tingkat permodalan perbankan berada di level 27,96% atau berada di atas negara-negara di kawasan.

Adu Kuat Performa Bank BUMN, Mana yang Terbesar Datangkan Cuan?

Selain itu, kredit perbankan juga masih bisa tumbuh double digit. "Pada 2023, naik 10,38% di atas level pra pandemi," ucap Jokowi.

Atas pernyataannya itu, Jokowi berharap, pelaku industri keuangan bisa semakin kokoh mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//