Sri Mulyani Masih Bungkam Soal Anggaran Makan Gratis

Oleh Andry Winanto - korporat.com
22 Februari 2024 20:28 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Kementerian Keuangan)

KORPORAT.COM, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati masih enggan mengungkapkan sumber anggaran makan siang gratis dalam rancangan APBN 2025. Sikap itu dia ambil merespons banyaknya pertanyaan wartawan di konferensi pers hari ini.

“Untuk berbagai hal lain yang tidak berhubungan dengan APBN 2024 mungkin kita tidak akan memberikan pernyataan atau komentar,” ujarnya kepada awak media pada Kamis (22/2/2024).

Sebagai gantinya, Sri Mulyani memilih tetap fokus dalam pengelolaan instrumen fiskal yang ada sekarang.

“Kita akan fokus menjalankan APBN 2024,” tutur dia.

Bukan Potong Subsidi, Anggaran Makan Siang Gratis Ternyata dari Sini

Bendahara negara menyampaikan pula jika Kementerian Keuangan tengah dalam proses pengesahaan risalah untuk tahun anggaran sebelumnya.

“Kita ikuti siklus anggaran kita, termasuk saat ini sedang dalam audit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk laporan keuangan 2023,” kata Sri Mulyani.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, program makan siang gratis merupakan janji kampanye Prabowo Subianto yang kini tengah memimpin perhitungan suara pilpres. Dalam sebuah kesempatan, Prabowo menyebut program itu membutuhkan anggaran sekitar Rp460 triliun per tahun.

Begini Alur Sri Mulyani Ubah APBN untuk Program Makan Gratis

Adapun, target utama penerima makan siang gratis adalah anak-anak usia sekolah. Lalu, anak-anak usia balita dan ibu hamil. Secara total, program ini menyasar 82,9 juta orang yang diberikan secara bertahap.

Untuk diketahui, pada pertengah Februari ini Kementerian Keuangan sudah melakukan perancangan awal APBN 2025. Hal tersebut tertuang dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF), serta sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//