Profil Teuku Riefky Harsya: Wajah Baru Menparekraf Keturunan Aceh

Oleh Meiliza laveda - korporat.com
21 Oktober 2024 17:16 WIB
Teuku Riefky Harsya ditunjuk sebagai Menteri Ekonomi Kreatif. (Foto: Wikipedia dan Partai Demokrat)

KORPORAT.COM, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menunjuk Teuku Riefky Harsya sebagai Menteri Ekonomi Kreatif. Siapa Teuku Riefky Harsya?

Mengutip laman Demokrat, Senin (21/10/2024), Riefky lahir di Jakarta pada 28 Juni 1972. Sang ayah adalah Teuku Syahrul Mudadalamadalah, seorang pengusaha sekaligus politisi Golkar.

Sementara itu, sang ibu bernama Pocut Haslinda Azwar, penulis Sejarah Islam Melayu-Nusantara. Kedua orang tuanya berkontribusi banyak dalam perkembangan Riefky dari kecil hingga dewasa.

Menteri Jokowi Pensiun Kini Dapat Jaminan Kesehatan yang Ditanggung APBN

Sebenarnya, sejak kecil, Riefky tidak berniat terjun ke dunia politik. Dia ingin mengikuti jejak kakeknya, Teuku Abdul Hamid Azwar yang bergelut di bidang militer. Sempat terpikir berkarier di bidang militer, Riefky menamatkan pendidikan di Akademi Militer Amerika pada 1994.

Setelah lulus, Riefky ditawari oleh Danjen Kopassus agar bisa menjadi anggota TNI dan bergabung dalam Kopassus. Tapi, tawaran ini ditolak.

Riefky justru terjun ke dunia usaha untuk menggantikan sang ayah sebagai pebisnis.

Presiden Prabowo Subianto menunjuk Teuku Riefky sebagai Menteri Ekonomi Kreatif. (Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden) Presiden Prabowo Subianto menunjuk Teuku Riefky sebagai Menteri Ekonomi Kreatif. (Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden)

Di usia muda, (22-23 tahun), Riefky sempat menjadi direksi di sejumlah pada tahun 1990-an, seperti marketing director di Uninet Media Sakti Internet Service Provider dan president director di Grand Kemang Hotel Management.

Saat yang bersamaan, Riefky mulai terjun ke dunia politik. Dia juga bergabung dalam relawan SBY pada 2000.

Dia aktif dalam kepengurusan Partai Demokrat di DPC Jakarta Pusat pada 2002-2005.

Tercatat Riefky pernah menjadi anggota DPR setelah pengganti antar waktu (PAW) pada periode 2004-2009. Dia juga lolos Pemilu selama 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024.

Teuku Riefky sempat terpikir untuk berkarier di bidang militer. (Foto: Akun Instagram @teukuriefky) Teuku Riefky sempat terpikir untuk berkarier di bidang militer. (Foto: Akun Instagram @teukuriefky)

Pria ini juga diketahui aktif mengawal perdamaian dan pembangunan Aceh, seperti pembahasan UU No. 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan mendorong percepatan berbagai program pemerintah pusat di Aceh.

Karier politiknya terus melejit, naik jabatan dari bawah hingga jabatan tinggi di DPP Partai Demokrat selama 15 tahun terakhir.

Jokowi Tanda Tangani Revisi UU Kementerian

Di pemerintahan, dia mengawali kariernya pada usia 33 tahun ketika menjadi pengganti antar waktu (PAW) periode 2004-2009 menggantikan Almarhum Prof Rusli Ramly. Sejak itu, Riefky berhasil lolos tiga Pemilu Legislatif selanjutnya (2009, 2014, 2019).

Sebagai sosok yang memiliki keturunan Aceh, Riefky juga aktif terlibat mengawal perdamaian dan pembangunan Aceh. Mulai dari membahas UU No.11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, pengawas BRR NAD-Nias, hingga mendorong percepatan berbagai program Pemerintah Pusat di Aceh.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//