Profil Rini Widyantini, Wanita Pertama yang Menjabat Menteri PANRB

Oleh Reza Pratiwi - korporat.com
21 Oktober 2024 23:55 WIB
Rini Widyantini ditunjuk sebagai menteri PANRB. (foto: Kementerian PANRB)

KORPORAT.COM, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto secara resmi melantik Rini Widyantini sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dia akan menggantikan Abdullah Azwar Anas pada Senin (21/10/2024).

Dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB, Senin (21/10/2024), nama Rini diumumkan Presiden Prabowo sebagai menteri di Istana Kepresidenan pada Minggu (20/10/2024) malam. Saat ini, Rini menjadi wanita pertama yang memegang menteri di Kementerian PANRB.

Dyah Roro Esti, Wakil Menteri Termuda di Kabinet Prabowo-Gibran

Sebelum itu, Rini sudah memiliki pengalaman panjang di Kementerian PANRB. Dirinya pernah menjabat sebagai Sekretaris Kementerian PANRB sejak 2022.

Wanita kelahiran Bandung, 29 Mei 1965 ini memulai kariernya sebagai aparatur sipil negara (ASN) pada tahun 1990 dan terus menempati berbagai posisi penting, termasuk Analis Kebijakan di tahun 1997 dan Asisten Deputi Kelembagaan Perekonomian pada 2008.

Rini juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Hukum pada 2011 dan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana hingga tahun 2021. Berkat pengalaman tersebut, Rini memiliki kemampuan yang solid dalam reformasi birokrasi.

Tiga Orang Ini Ditunjuk Prabowo Subianto Sebagai Wakil Menteri Keuangan, Siapa Saja?

Rini mengenyam pendidikan dasar hingga tinggi di kota kelahirannya, Bandung. Alumni SMA Santa Angela ini melanjutkan studi sarjana hukum di Universitas Padjadjaran. Selanjutnya, Rini berhasil meraih gelar Master of Public Management pada The Flinders University of South Australia.

Karier Rini yang berawal dari dalam Kementerian PANRB telah memberinya kemampuan dan pengalaman yang luas dalam menangani birokrasi. Ia telah menghadapi berbagai dinamika dan tantangan selama perjalanan kariernya.

Dengan perjalanan karier yang dimulai sebagai birokrat, Rini kini dipercaya memimpin Kementerian PANRB sebagai pemimpin utama.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//