Lepas Tol Transjawa ke Grup Salim, Jasamarga Pastikan Tetap jadi Pengendali

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
01 Juli 2024 08:55 WIB
Jasamarga Transjawa. (Dokumen Jasamarga)

KORPORAT.COM, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai melepas sebagian sahamnya di PT Jasamarga Transjawa Tol. Jumlahnya mencapai 6,2 miliar saham.

Menurut Corporate Secretary and Chief Administration Officer Jasa Marga, Nixon Sitorus, rencana pelepasan saham Jasamarga Transjawa itu tertuang dalam perjanjian pembelian saham bersyarat dengan PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services (MPITS).

"Penyelesaian atas penjualan saham-saham perseroan di Jasamarga Transjawa akan dilaksanakan kemudian dan bergantung kepada pemenuhan seluruh syarat-syarat dan kondisi dalam perjanjian dimaksud dan dituangkan dalam suatu akta pengalihan saham," kata Nixon dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Senin (1/7/2024).

Jasa Marga Bagi Jatah Dividen ke Pemerintah Rp192,4 Miliar

Sebagai bagian dari transaksi itu, Jasamarga Transjawa akan menerbitkan 1,21 miliar saham ke MPITS yang akan dituangkan dalam akta peningkatan modal perseroan. Kemudian, jika transaksi itu selesai, Jasamarga tetap menjadi pengendali Jasamarga Transjawa.

Djarum hingga Anthoni Salim Bakal Dapat Jatah Dividen Terbesar dari BCA

Nixon mengungkapkan, persentase kepemilikan Jasamarga di Jasamarga Transjawa menjadi 65% dengan MPTIS sebesar 35%. "Sehingga, laporan keuangan Jasamarga Transjawa masih dikonsolidasikan ke laporan keuangan perseroan," ucap Nixon.

Sebagai informasi, MPITS merupakan bagian dari konglomerat Anthony Salim atau Salim Group. Di sini, Salim menguasai MPITS melalui kepemilikan saham konsorsium First Pacific.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//